Enterprise Solution, Uncategorized

Sistem Enterprise Resource Planning dan Pengembangannya Selama 30 Tahun | Widiyanto Kang – Business Development Management Yonyou

· 2 min read
sistem erp

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah platform yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan bagian-bagian penting dari bisnis. Bagi perusahaan, ERP membantu perencanaan sumber daya dengan mengintegrasikan semua proses untuk menjalankan perusahaan dengan satu sistem.

Sistem ERP dapat mengintegrasikan perencanaan, pembelian, penjualan, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan banyak lagi.

Pengembangan perangkat lunak dalam 30 tahun terakhir

Ilustrasi komputerisasi departemen keuangan

Yonyou telah berkembang ke tahap sekarang. Kami berdiri pada tahun 1988, dan tahun ini sudah 35 tahun. Bagi perusahaan perangkat lunak, merupakan tantangan besar untuk bertahan selama 35 tahun. Banyak perusahaan perangkat lunak pada periode yang sama dengan kami telah menghilang. Mengapa kami masih terus eksis?

Persahabatan merupakan kunci selama lebih dari 30 tahun untuk menemani pertumbuhan perusahaan. Dari komputerisasi departemen keuangan di awal hingga manajemen ERP aplikasi tingkat perusahaan.

Pengembangan informatisasi pelanggan adalah pengembangan Yonyou

Namun saat ini, bisnis suatu perusahaan tidak lagi terbatas masalah manajemen keuangan dan rantai pasokan suatu perusahaan tetapi perlu diintegrasikan dengan perusahaan hulu dan hilir serta tautan layanan sosial. Jadi, untuk mengatasi masalah tersebut, produk dan layanan kami telah mencapai tahap 3.0.

Tahap ini membahas kebutuhan akan sosialisasi.Penting untuk membangun platform inovasi bisnis yang menggunakan teknologi informasi terbaru untuk melayani babak baru inovasi bisnis.

Kalau kita tidak bagus, pelanggan akan pindah ke provider lain. Bisnis pelanggan sedang berubah maka perusahaan pun demikian. Ini tidak akan berhasil jika perubahannya lambat.

Bagaimana cara memilih Penyedia Saas yang tepat untuk perusahaan?

SaaS

Pertama-tama, kami akan memeriksa persyaratan bisnis dan penyediaan produk yang dapat menyelesaikan masalah bisnis. Yang meliputi berbagai bidang seperti keuangan, inventaris, penjualan, dll. Selanjutnya, mungkin melihat kriteria utama seperti apa yang diprioritaskan. Apakah itu biaya, layanan, kualitas, keramahan pengguna, keamanan, dll?

Kami juga memiliki produk, YonSuite yang berbasis SaaS yang dimaksudkan untuk perusahaan yang sedang berkembang. Menemukan penyedia SaaS butuh waktu dan usaha tetapi akan membuahkan hasil.

Mengapa ERP Penting untuk melayani bisnis?

Widiyanto menjelaskan betapa pentingnya ERP untuk melayani bisnis. Berikut adalah tujuh poin mengapa ERP itu penting.

  • Integrasi Proses Bisnis: Perangkat lunak ERP membantu merampingkan dan mengintegrasikan berbagai proses bisnis di berbagai departemen dalam suatu organisasi. Ini menyediakan platform terpusat untuk mengelola fungsi inti seperti keuangan, sumber daya manusia, manajemen inventaris, pengadaan, manufaktur, penjualan, dan manajemen hubungan pelanggan. Dengan mengkonsolidasikan data dan proses, sistem ERP menghilangkan silo data dan mendorong komunikasi dan kolaborasi yang efisien antar departemen.
  • Peningkatan Efisiensi Operasional: Sistem ERP mengotomatiskan dan merampingkan tugas-tugas rutin, mengurangi upaya manual dan kemungkinan kesalahan. Dengan mengotomatiskan proses seperti manajemen pesanan, pelacakan inventaris, dan pelaporan keuangan. ERP meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi redudansi, dan menghemat waktu. Ini memungkinkan karyawan untuk fokus pada tugas bernilai lebih tinggi dan memberikan visibilitas waktu nyata ke dalam operasi bisnis, memfasilitasi pengambilan keputusan yang tepat.
  • Manajemen dan Pelaporan Data: Sistem ERP berfungsi sebagai tempat penyimpanan data terpusat, memastikan konsistensi, akurasi, dan integritas data di seluruh organisasi. Ini memungkinkan pengambilan dan pelaporan data dengan mudah, menghasilkan wawasan tentang indikator kinerja utama (KPI), metrik keuangan, dan analitik bisnis lainnya. Pengambilan keputusan berbasis data memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi tren, area untuk peningkatan, dan membuat pilihan strategis yang terinformasi.
  • Peningkatan Manajemen Hubungan Pelanggan: Sistem ERP sering menyertakan modul manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang membantu mengelola interaksi pelanggan, proses penjualan, dan kampanye pemasaran. Dengan melacak informasi pelanggan, riwayat pembelian, dan preferensi, ERP memungkinkan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mendukung strategi penjualan dan pemasaran yang efektif.
  • Skalabilitas dan Fleksibilitas: Sistem ERP dirancang untuk mengakomodasi pertumbuhan dan perubahan kebutuhan bisnis. Mereka memberikan skalabilitas dan fleksibilitas dengan mengizinkan organisasi untuk menambah atau memodifikasi modul dan fungsionalitas sesuai kebutuhan. Kemampuan beradaptasi ini membantu bisnis tetap gesit di pasar yang dinamis dan memfasilitasi ekspansi ke pasar atau lini bisnis baru.
  • Kepatuhan Peraturan: Kepatuhan terhadap standar peraturan dan persyaratan khusus industri sangat penting untuk bisnis. Sistem ERP sering menyertakan fitur untuk memastikan kepatuhan terhadap standar akuntansi, peraturan pajak, undang-undang privasi data, dan peraturan khusus industri. Dengan mengotomatiskan proses terkait kepatuhan dan memelihara catatan yang akurat. Sistem ERP membantu bisnis memenuhi kewajiban hukum dan mengurangi risiko penalti atau masalah hukum.
  • Manajemen Rantai Pasokan: Sistem ERP memainkan peran penting dalam mengelola rantai pasokan dengan mengoptimalkan tingkat inventaris, mengoordinasikan pengadaan, dan memfasilitasi peramalan permintaan. Mereka memungkinkan organisasi untuk melacak bahan, memantau produksi, mengelola pemasok, dan memastikan pengiriman barang atau jasa tepat waktu. Manajemen rantai pasokan yang efektif didukung oleh ERP meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Secara keseluruhan, sistem ERP memberikan solusi yang komprehensif dan terintegrasi untuk mengelola dan merampingkan proses bisnis, meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pengambilan keputusan, dan mendorong pertumbuhan. Ini memupuk kolaborasi, dan wawasan berbasis data, dan memungkinkan bisnis beradaptasi dengan dinamika pasar yang berubah, menjadikannya aset berharga bagi organisasi modern.

Kunjungi Yonyou untuk informasi lebih lanjut tentang solusi ERP dan pengembangan perangkat lunak.