Talent & Training

Menerapkan Sistem Manajemen Manusia Organisasi dalam 8 Minggu | Marcelany – Director of HR Path Indonesia

· 2 min read
sistem manajemen manusia

Sistem manajemen manusia menjadi salah satu aspek percepatan transformasi digital dalam industri. Teknologi membantu pekerjaan, namun penggunaannya masih melibatkan karyawan.

Human Resource merupakan pihak yang melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan di setiap perusahaan.

Proses manajemen manusia ini terbilang tidak mudah karena memiliki banyak fungsi yang terlibat. Hal ini bisa berpotensi mengurangi produktivitas perusahaan.

Bagaimana jika sebuah perusahaan memiliki sistem yang sudah teruji sehingga dapat diaplikasikan dalam waktu singkat? Pembahasan ini akan dijabarkan bersama Marcelany – Director of HR Path Indonesia

Transformasi digital mempengaruhi kinerja perusahaan

Transformasi digital mempengaruhi kinerja

HR transformation mengalami evolusi dalam fungsi, layanan, dan penyampaian teknologi seamless. Komponen dari HR adalah manusia. Dengan adanya teknologi, dalam dunia HR dapat mengatur strategi dan goals perusahaan bagi setiap individu.

Strategi perusahaan dapat diturunkan dalam berbagai tahapan melalui karyawan. Contoh pengaplikasiannya adalah review karyawan yang dilakukan setiap enam bulan sekali atau setiap akhir tahun, sampai dengan review secara harian untuk mendapatkan data yang diinginkan.

Continuous performance feedback dapat dilakukan setiap hari. Dengan menerapkan sistem, evidence dapat dimasukkan ke dalam data. Ketika sudah dimasukkan ke dalam sistem, akan muncul hasil output yang menjadi penilaian performa karyawan.

“Penerapan sistem continuous performance feedback dapat memasukkan evidence kepada publik sehingga bisa dimasukkan ke dalam data. Ketika data sudah masuk ke dalam sistem, akan mengeluarkan hasil berupa penilaian performa karyawan.” Ujarnya.

Pada akhirnya, perusahaan memiliki data yang dapat dimanfaatkan untuk mengukur kinerja karyawan.
Mengurus manusia tidak rumit, namun memiliki banyak fungsi seperti recruiting, penilaian employee, talent.

Dengan adanya sistem, proses rekrutmen karyawan, on board, training yang dapat dipantau pengembangannya. Serta apakah dibutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas diri.

Training karyawan pun bisa dilakukan di tempat maupun secara online. Kehadiran sistem membantu proses perekrutan, pelatihan, kinerja dari hulu ke hilir.

Proses ini menyerupai bootcamp, dimana proses registrasi merupakan langkah awal dari pengumpulan data sehingga membantu perencanaan manajemen manusia di masa depan.

“Proses pengumpulan data secara digital membantu perusahaan sesuai kebutuhan. Jika membutuhkan learning, maka dapat difokuskan kepada hal learning. Sementara, perusahaan yang ingin meningkatkan performa, langsung masuk kepada hal performance, sampai kebutuhan end-to-end perusahaan secara lengkap.” Pungkasnya.

Nubo Key Success Factor

HR Path

Nubo berbasis SAP Success Factor yang dapat mengelola seluruh proses dengan menggunakan best practice untuk mengolah proses mulai dari rekrutmen sampai dengan pensiun. Semua itu sudah disesuaikan dengan best practice.

Nubo mencakup pra-konfigurasi, standarisasi, dan HRIS yang sudah siap pakai. Kehadiran NUBO membantu departemen SDM mengenali potensi strategis untuk meningkatkan nilai dari usaha secara positif.

Pengimplementasiannya menjadi lebih mudah sehingga tidak membuang banyak waktu. Tidak hanya itu saja, sistem ini pun dapat dijalankan oleh perusahaan yang memiliki sistem HR yang sudah berjalan selama berpuluh-puluh tahun sampai dengan perusahaan baru yang membutuhkan best practice sesuai standar HR yang sesuai.

Marcelany menuturkan pengoperasian sistem HR mampu mengimplementasikan Success Factor selama delapan minggu.

“Dengan memanfaatkan metodologi out-of-the-box untuk membuat implementasi NUBO berjalan cepat dan mudah. Dalam waktu empat sampai delapan minggu per modul yang berjalan secara paralel.” Ujarnya

Dampak dari penerapan sistem ini adalah perusahaan mendapatkan peningkatan sales dengan memasukkan KPI ke dalam sistem. Dalam jangka panjang, ini memberikan efek positif untuk kemajuan perusahaan.

Proses manajemen manusia dalam organisasi melibatkan banyak fungsi terkait. Dibutuhkan penerapan sistem yang mampu menilai indikator karyawan mulai dari proses perekrutan, perekrutan, adds-on, hingga pelatihan untuk meningkatkan kapasitas karyawan.

Naikkan performa organisasi Anda dengan Nubo berbasis SAP Success Factor selama delapan minggu. Kunjungi HR Path untuk layanan sistem manajemen manusia.


Temukan solusi komprehensif transformasi digital dalam acara Digital Transformation Indonesia Conference and Expo (DTICX) pada 26-27 Juli 2023. Klik DTICX registration untuk registrasi diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.