enter-internet-computer-privacy-system-protection-concept-1-1

8 Perusahaan yang Sukses Melakukan Transforamsi Digital

Transformasi digital pada perusahaan merupakan salah satu bentuk dari strategi bisnis. Penerapan ini mengalihkan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi.

Bentuk transformasi digital meliputi pembayaran, pencatatan, administrasi, sampai digital marketing. Ini dilakukan agar relevan dengan dunia digital.

Pengertian transformasi digital

Transformasi digital perusahaan
Transformasi digital perusahaan

Transformasi digital merupakan proses penggabungan trend IT di dunia bisnis. Sehingga menghasilkan proses bisnis baru, budaya, pengalaman pelanggan, dan efektivitas biaya.

Terdapat empat elemen utama transformasi digital menurut Deloitte Digital.

  • Transformasi model dan produk bisnis
  • Optimasi proses manajemen organisasi
  • Menciptakan lingkungan kerja digital
  • Melibatkan pelanggan dalam berbagai saluran komunikasi

Berdasarkan PwC, terdapat delapan teknologi utama untuk mendorong penerapan transformasi digital perusahaan.

Transformasi digital perusahaan

Seringkali, pemahaman transformasi digital berkutat dalam konteks penyederhanaan. Maka dari itu, transformasi digital perusahaan yang sesungguhnya mencakup semua area organisasi.

Untuk itu, Anda dapat melihat perusahaan yang sukses melakukan transformasi digital. Dan bagaimana penerapan transformasi digital dalam bisnis tersebut.

1. Porsche

Porsche
Porsche

Porsche adalah perusahaan otomotif manufaktur asal Jerman. Brand ini menghasilkan mobil berperforma tinggi.

Perusahaan ini transformasi digital sejak dahulu. Penerapan digitalisasi para Research and Development sampai penngembangan software untuk mengumpulkan feedback konsumen.

Data konsumen yang terkumpul dari sistem CRM digunakan untuk menjalin interaksi dengan pelanggan. Dalam hal ini, hasil penjualan dapat meningkat karena tingginya tingkat kepuasan pelanggan.

Untuk mendukung inovasi, berdirilah Porsche Consulting Innovations Labs sebagai entitas tersendiri.

Perusahaan ini memiliki tenaga ahli teknologi digital untuk menghasilkan solusi praktis sekaligus mencapai ketangkasan operational.

2. Starbucks

Tahun 2019, Starbucks memiliki 1,900 gerai baru sehingga menaikan pertumbuhan sebesar 7%. Hal ini karena manajemen memanfaatkan tools AI bernama Deep Brew.

Deep Brew berguna untuk lokasi strategis, menganalisis populasi, tingkat pendapatan, lalu lintas dan kompetitor. Dari informasi yang terkumpul, lahirlah hasil perkiraan laba dan aspek ekonomi lainnya.

Penggunaan data yang ekstensif, perusahaan mampu mendorong penjualan dengan menu optimization. Tersedia program Starbuck Reward untuk mengetahui keinginan dan selera konsumennya.

3. Unilever

Perusahaan transformasi digital
Unilever

Pada tahun 2019, Unilever berhasil mengumpulkan 900 juta konsumen individu. Jauh berkali-kali lipat apabila dibandingkan tahun lalu yang hanya 200 juta.

Hal ini dapat diraih karena Unilever berinvestasi dalam pengembangan software. Peningkatan lainnya juga pada investasi robot untuk membuat produk kecantikan.

Proses produksi Unilever pun menerapkan transformasi digital. Dengan kemampuan analisis data dan prediktif, dapat mengeluarkan 10 produk baru pada tahun 2018.

Persiapan produk baru dari pembuatan sampai dipasarkan memakan waktu kurang dari 6 bulan.

4. Sound Transit

Sound Transit

Sound transit melakukan transformasi digital untuk mengintegrasikan sistem berbasis cloud progressive.
Menghubungkan platform berbasis layanan yang terhubung ke semua sistem.

Dengan begitu, pengguna dapat mengetahui info dan mengoptimalkan perjalan bagi semua pemangku kepentingan.

Sebagai perusahaan penyedia transportasi, Sound Transit menggunakan platform open source. Memakai panduan dari Yenlo, teknologi open-source WSO2 memungkinkan Sound Transit tetap gesit,

Strategi digital ini dapat memperluas penggunaan pengguna untuk mewujudkan smart city yang terintegrasi.

5. Caterpillar

Caterpillar

Caterpillar merupakan produsen peralatan konstruksi dan pertambangan terkemuka di dunia. Produk yang terkenal adalah truk, excavator, dozer, dan loader.

Namun, perusahaan ini mulai bertranfromasi dengan menggunakan AI dan digital twins. Penerapan ini membantu memprediksi maintenance, antisipasi penggantian suku carang, dan membantu otomasi pengoperasian mesin bor.

Perusahaan bersandar ke AI dan sensor IoT dengan melahirkan Cat Digital. Divisi transformasi digital melakukan Analisis informasi dari milyaran sensor IoT untuk penyempurnaan produk. Dengan demikian, transformasi digital di industri pertambangan dapat terwujud.

6. IKEA

IKEA

IKEA dapat menjadi contoh bagaimana perusahaan lama berhasil melakukan transformasi digital. Bentuk yang ditawarkan adalah pengalaman belanja omnichannel dan memperkuat posisinya dengan e-commerce.

Perusahaan asal Swedia ini membiarkan konsumennya memakai augmented reality untuk memilih furnitur sebelum melakukan pembelian.

Caranya dengan melakukan akuisisi Geomagical Labs, perusahaan teknologi 3D dan AI dan TaskRabbit, platform untuk membantu pengguna Ikea menemukan orang untuk merakit furnitur.

Fitur teknologi 3D dan AI memungkinkan pengguna mengunggah gambar yang otomatis muncul dalam 3D. Dengan begitu, calon pembeli dapat menukar item lama dan yang baru.

7. LEGO

LEGO

Lego mulai melakukan investasi pada produk digital seperti aplikasi dan mobile games. Keputusan ini diambil karena tahun 2003, LEGO pernah berada di ambang kebangkrutan.

LEGO melakukan eksperimen dengan 3D printing, mengajak konsumen untuk membuat produknya sendiri. Sembari itu, perusahaan terus mengembangkan blok serta menambahkan sensor dan elemen canggih lainnya.

Aplikasi digital LEGO mendukung pengenalan visual untuk menerjemahkan gambar menjadi model lego. Untuk mengajarkan coding pada anak-anak, LEGO melahirkan aplikasi LEGO Boots. Hasilnya perusahaan ini masuk dalam 500 merek paling bernilai berdasarkan Brand Finance Global.

8. Disney

Disney

Disney menerapkan transformasi digital untuk menemukan cara pengguna memakai produk mereka. Mulai dengan menambahkan produk besar seperti Pixar, Marvel, dan Star Wars yang diakuisisi Disney.

Dari sini, Disney memberi pilihan untuk beradaptasi dengan lanskap digital maupun nostalgic. Maka, Disney meluncurkan Disney + untuk akuisisi konten dan personalisasi.

Gelang My Magic+ merupakan contoh personalisasi digital untuk pengunjung Disney. Gelang ini memiliki chip RDIF aga orang dapat melakukan pembayaran layanan, tiket perjalanan, hingga akses kamar hotel.

Dengan data tersebut, dapat dimanfaatkan untuk memberikan ucapan ulang tahun, merchandise, dan promosi layanan baru. Oleh sebab itu, Disney membuat pengalaman omnichannel sebagai bentuk transformasi digital.

Selain nama-nama tersebut, terdapat perusahan lain yang telah melakukan transformasi digital, antara lain:

  • DHL
  • Netflix
  • Gojek
  • Mc Donald
  • Nike
  • Adobe Creative Cloud
  • Hanseatic Bank
  • Universitas Utrecht

Perusahan-perusahan tersebut mampu bertahan dan tumbuh karena menerapkan transformasi digital. Langkah-langkah penerapan transformasi digital di industri dapat Anda temukan dalam konferensi DTI-CX 2023.

2

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *