pameran eksibisi adalah

5 Alasan Pentingnya Pameran atau Eksibisi untuk Perkembangan Industri Transformasi Digital

Apa pengertian pameran atau eksibisi bagi perkembangan bisnis? Bagaimana dampaknya yang dirasakan pebisnis?

Pameran adalah tempat yang memberi manfaat bagi perusahaan. Bukan sekadar tempat transaksi, melainkan tempat promosi dan testing produk di hadapan konsumen.

Biasanya, pameran mengincar pelaku bisnis maupun orang yang tertarik dengan industri tertentu. Mempertemukan di satu tempat agar terjalin komunikasi antar perusahaan dan konsumen.

Salah satunya adalah Digital Transformation Indonesia yang mengadakan pameran dan konferensi untuk mempertemukan perusahaan digital dengan konsumen.

Pengertian pameran atau eksibisi

Kegiatan pameran
Pameran

Pameran atau eksibisi adalah ajang perusahaan memamerkan barang dan jasa. Sembari promosi, kemudian melakukan demonstrasi kepada pengunjung.

Pameran merupakan alat pemasaran yang menyediakan tempat promosi serta mempertemukan perusahaan dengan konsumen. Ini termasuk customer, prospek baru, supplier, kompetitor, calon investor, hingga pelaku industri.

Pameran dapat menjadi tempat perkenalan bagi perusahaan baru kepada konsumen. Sementara, perusahaan yang sudah lama berdiri menggunakannya untuk launch produk sampai sosialisasi brand.

Manfaat pameran atau eksibisi

pameran industri digital
Manfaat melakukan pameran untuk industri digital

Mengikuti eksibisi memiliki berbagai manfaat untuk perusahaan. Sebagai salah satu alat pemasaran, berikut manfaat pameran atau eksibisi?

1. Meningkatkan brand awareness

Membangun brand awareness membuat konsumen memperhatikan Anda. Langkah ini dapat dimulai sebelum pameran.

Melansir dari Taboola, brand awareness membantu mengubah percakapan online. Manfaatkan kampanye yang meliputi membagikan berita, informasi perusahaan, testimoni, hingga jadwal acara pameran.

Brand awareness berdampak pada kepercayaan publik terkait merek atau bisnis Anda. Ini adalah dasar untuk mendapakan audien mengenali produk dan jasa Anda. Lebih dari 59% pelanggan membeli produk dari brand yang sudah mereka ketahui.

2. Membangun relasi dengan pelanggan

Kelebihan menjadi exhibitor adalah terjalinya komunikasi antar manusia. Hubungan ini mampu membangun relasi dengan pelanggan.

Riset Forrester menunjukan ada tiga faktor dalam layanan pelanganan yaitu keberhasilan pemecahan masalah, kemudahan proses penyeelsaian, dan emosi setelah masalah terselesaikan. Hal ini memberikan pengalaman positif kepada pelanggan ketika mengunjungi bisnis Anda.

Pengalaman dan input pelanggan menjadi faktor yang mevalidasi keputusan bisnis Anda. Menjaga harapan customer menajdi prioritas utama untuk peningkatan kepuasan dan kesenangan pelanggan.

3. Memperluas jaringan bisnis

Memiliki supply chain yang kuat adalah kunci upscaling bisnis. Jika bisnis punya lebih banyak product-based, supplier adalah faktor krusial dibalik kualitas dan ketersediaan produk yang dijual.

Jika Anda mengunjungi event pameran, tidak semua exhibitor berdiri sebagai kompetitor. Sebaliknya, Anda akan mendapatkan peluang untuk menjalankan kerjasama dengan sesama pelaku bisnis. Dari sana, perusahaan dapat membuat jejaring untuk membantu bisnis Anda.

Bagi bisnis kecil atau UMKM, membangun jejaring di acara pameran berdampak pada peluang bisnis baru. Berdasarkan survey dari SME, lebih dari 71% bisnis kecil dan UMKM mendapat peluang bisnis baru melalui jaringan langsung selama pameran.

Ini merupakan cara bagus untuk mengenal praktisi di industri Anda. Serta menjadi kesempatan untuk mengatur pertemuan dengan klien maupun mitra bisnis dalam acara tersebut. Oleh sebab itu, menjadi exhibitor membuka peluang bisnis yang sangat berharga.

4. Meningkatkan penjualan

Menjadi exhibitor pameran dapat memperluas basis pelanggan. Pengunjung pameran berpotensi menjadi calon klien dan pelanggan melalui produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Berdasarkan Exhibition Survey Inc, lebih dari 82% peserta yang mengunjungi eksibisi berakhir dengan membeli produk. Ini artinya pameran memberi kesempatan untuk menghasilkan konversi serta insprasi untuk bisnis Anda.

Acara pameran artinya Anda menjual produk atau layanan langsung kepada pembeli potensial.

5. Mengetahui tren terbaru di industri

Keuntungan lain dari menjadi exhibitor adalah mengetahui tren terbaru di industri. Salah satunya adalah DTI-CX yang berfokus pada pameran transformasi digital. Dengan demikian, Anda akan mengetahui bagaimana tren transformasi digital saat ini.

Dalam sesi eksibisi, terdapat seminar maupun konferensi oleh panelis dan praktisi di bidang terkait. Selama di lokasi, Anda dapat belajar tentang tren serta potensi pengembangan bisnis transformasi digital.

Pengertian pameran atau eksibisi merupakan salah satu alat promosi untuk memperkenalkan produk atau layanan perusahaan kepada konsumen. Dalam satu tempat, perusahaan dan konsumen akan bertemu untuk melakukan kegiatan transaksi. Dengan demikian, pertumbuhan bisnis dan brand awareness perusahaan makin meningkat.

0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *