pentingnya data management di industri telekomunikasi

Memprioritaskan Data Management di Industri Telekomunikasi

Photo Credit: Lukas (Pexels)

Data management telah menjadi bahan pembicaraan di zaman yang serba digital ini. Misalnya, Anda ingin mengikuti sebuah seminar daring dan Anda diminta memasukkan data pribadi, memasukkan data secara online sudah menjadi hal yang biasa.

Namun, pernahkah Anda memikirkan bagaimana sebuah aplikasi atau perusahaan mengatur data yang mereka terima dari ribuan orang? Untuk memproses ribuan bahkan jutaan data tersebut dibutuhkan kemampuan dalam data management

Hal ini menjadi sangat penting karena data yang teratur akan memudahkan siapa saja yang mau mengaksesnya hingga mempengaruhi pengambilan keputusan. Manajemen data sendiri tak hanya digunakan dalam dunia bisnis, tapi juga di berbagai industri yang memiliki big data. Seperti apakah data management itu dan apa manfaatnya di bidang yang lain? 

Apa Itu Data Management?

Bisakah Anda membayangkan harus membaca dan melakukan verifikasi ribuan atau jutaan data secara manual? Lalu, Anda juga harus memprosesnya satu per satu agar bisa memetakan kesimpulan. Pastinya, itu akan memakan waktu dan belum tentu menghasilkan kesimpulan data yang valid. Untuk itulah, perusahaan memerlukan data management.

Data management adalah suatu proses memperoleh, menyimpan, mengatur, dan memelihara data yang diterima. Proses ini sangatlah penting karena banyak perusahaan besar saat ini yang memiliki big data. Big data adalah istilah yang menggambarkan data dalam jumlah yang besar, sehingga proses analisis data tersebut tak bisa dilakukan secara konvensional. 

Mengatur data dalam jumlah yang besar ini sangat berguna untuk mempermudah pengambilan keputusan suatu perusahaan, baik kecil maupun besar. Tugas mengolah data ini biasanya dilakukan oleh para ahli di bidang IT. Mereka akan membangun suatu program untuk menerima, memproses, serta menganalisis data yang diterima.

Praktik Data Management 

Dalam melakukan data management, perusahaan perlu membentuk suatu sistem katalog yang kuat. Jika suatu perusahaan ingin menganalisis data, perusahaan tersebut harus bisa menemukan data yang dibutuhkan. Untuk itulah data yang disimpan harus disusun berdasarkan kepentingan dan penamaannya.

Perusahaan juga perlu memikirkan ruang penyimpanan yang aman untuk melindungi privasi data pelanggan. Saat ini, banyak perusahaan besar yang menggunakan teknologi cloud untuk menyimpan berbagai macam data besar agar data tersebut dapat diakses kapan pun saat terkoneksi dengan internet. Penyimpanan data dengan teknologi ini juga didukung oleh tingkat keamanan yang tinggi, sehingga perusahaan tak perlu takut terjadi kebocoran data yang berpengaruh pada tingkat kepercayaan pelanggan.

Perusahaan juga perlu menginvestasikan program atau sistem yang baik untuk kelancaran data management. Pengolahan data yang baik akan mempermudah proses analisis data. Setelah data terolah dengan baik, langkah selanjutnya adalah memvisualisasikan data untuk mencapai keputusan yang dapat digunakan untuk menentukan langkah perusahaan di masa depan. Sebagai contoh, perusahaan di bidang telekomunikasi pastinya memiliki ribuan pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Dengan kecanggihan sistem data management yang baik, perusahaan bisa memetakan perilaku pelanggan, misalnya berdasarkan umur atau wilayah. Dari pembagian data tersebut, perusahaan telekomunikasi bisa melihat pola kebiasaan pelanggan, misalnya di rentang umur 12-18 tahun, banyak pelanggan yang akan memilih menggunakan paket internet murah. Namun, orang dewasa cenderung memilih paket internet yang lebih mahal untuk menunjang kegiatan kerjanya.

Baca juga: Pentingnya Data Sharing bagi Pemerintahan dan Bisnis

Manfaat Data Management dalam Bidang Telekomunikasi

Secara garis besar, data management sangatlah penting untuk setiap perusahaan di bidang apa pun, termasuk perusahaan telekomunikasi. Data yang diterima dari pelanggan atau customer bisa menjadi acuan untuk mengetahui tren, customer behavior, dan meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan telekomunikasi.

Suatu operator telekomunikasi dapat memahami kebutuhan pelanggannya melalui data yang diperoleh ketika menganalisis customer behavior, misalnya memperhatikan paket internet yang biasa dipilih oleh pelanggan. Dari informasi tersebut, perusahaan telekomunikasi bisa merekomendasikan paket internet lainnya yang serupa dengan nilai yang berbeda. 

Melalui data management, perusahaan juga bisa membaca tren di area telekomunikasi. Misalnya, saat ini banyak pelanggan kalangan muda yang suka menghabiskan waktu di media sosial, maka perusahaan telekomunikasi bisa memutuskan untuk menghadirkan layanan terbaik bagi mereka yang senang membuka media sosial.

Hal tersebut akan berjalan beriringan dengan kepuasan pelanggan menggunakan operator telekomunikasi. Tentunya bila banyak pelanggan yang merasa terpuaskan, perusahaan bisa menjangkau lebih banyak orang lagi. Pengelolaan data yang benar bisa memberikan perlindungan bagi data privasi pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan memiliki rasa percaya pada perusahaan yang mampu memproteksi data pribadi mereka. Itulah mengapa data management dibutuhkan bagi setiap perusahaan, termasuk perusahaan telekomunikasi.

6

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *