Cloud & Data Management, Kesehatan

Peluang Manfaat Blockchain dalam Dunia Medis

· 2 min read

Photo credit: pixabay (pexels)

Saat ini, perkembangan teknologi semakin maju. Salah satu produk keberhasilan teknologi yang semakin canggih adalah blockchain. Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah teknologi ini. Pasalnya, teknologi blockchain sering dikaitkan dengan investasi aset kripto. Namun, ternyata teknologi blockchain ini tak hanya berguna bagi Anda yang ingin melakukan investasi.

Para ahli di bidang teknologi mulai memanfaatkan blockchain untuk bidang-bidang lain. Salah satu pemanfaatan teknologi blockchain yang saat ini sedang dikembangkan adalah untuk kepentingan dunia medis. Seperti apa manfaat blockchain dalam dunia medis? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu blockchain? 

Blockchain merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan data yang masif. Anda bisa menyimpan berbagai macam data secara digital tanpa perlu takut akan jaminan keamanannya. Hal ini karena teknologi blockchain menggunakan sistem keamanan yang terjamin.

Berdasarkan namanya, blockchain terdiri dari dua kata, yakni ‘block’ dan ‘chain’ yang berarti rantai. Penamaan ini dibuat sebagai cerminan cara kerja teknologi canggih ini. Blockchain memanfaatkan sistem komputer untuk menciptakan blok yang saling terhubung. Blok yang saling terhubung ini nantinya akan memantau transaksi yang terjadi di dalam sistem. 

Teknologi blockchain sangat menarik karena sistem penyimpanan datanya tidak terpusat. Blockchain bisa berfungsi dengan menggunakan algoritma komputer tanpa ada sebuah sistem atau pihak otoritas yang mengatur. Saat ini, blockchain banyak digunakan di sektor keuangan. Namun, sebenarnya ada begitu banyak peluang yang bisa dikembangkan dari teknologi canggih ini.

Bagaimana manfaat blockchain memengaruhi dunia medis?

Penggunaan blockchain dalam dunia medis dipercaya bisa membawa banyak manfaat. Karena teknologi ini terbuka dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi, maka akan sangat cocok untuk melindungi data-data yang berhubungan dengan dunia kesehatan. Para ahli di bidang teknologi pun menyampaikan bahwa salah satu keuntungan menggunakan blockchain adalah kemampuannya memotong biaya. 

Perubahan sistem penyimpanan data ke blockchain juga bisa memudahkan banyak lapisan kerja sama. Hal ini didukung oleh sifat blockchain yang terbuka bagi siapa pun yang mampu mengaksesnya. Blockchain juga memiliki kemampuan untuk merekam segala transaksi yang terjadi dalam sistem. Artinya, siapa pun yang mempunyai akses ke teknologi ini bisa melihat perpindahan data secara transparan.

Blockchain juga bisa mengelola identitas dan memberikan izin atau memverifikasi identitas pengguna tanpa terjadi kebocoran data. Data yang ada di sistem blockchain pun bisa dipindahkan secara mudah.

Blockchain: teknologi yang selalu dimutakhirkan

Teknologi blockchain menciptakan peluang yang bagus bagi banyak sektor untuk menyederhanakan pekerjaan, memungkinkan kolaborasi antar lembaga, dan menyimpan informasi secara aman. Teknologi ini pun akan terus dimutakhirkan dan berkembang pesat di masa depan. Tren penggunaan blockchain akan semakin membesar seiring perkembangan zaman.

Tentunya dunia medis juga harus bisa menjawab tantangan zaman yang terus berubah ini. Sektor kesehatan bisa memanfaatkan teknologi masa depan ini untuk membuat sebuah ekosistem kerja yang lebih mudah dan efisien. Meskipun mungkin implementasi awalnya akan sulit, namun setelah digunakan, sistem blockchain ini akan mendukung kemajuan dari sektor kesehatan.

4 manfaat blockchain untuk sektor kesehatan

Penggunaan blockchain di sektor kesehatan akan banyak membawa pengaruh baik. Berikut ini empat  manfaat dari penggunaan blockchain untuk sektor kesehatan.

1. Manajemen rekam medis pasien

Salah satu keuntungan utama dalam pemanfaatan teknologi blockchain dalam dunia medis adalah memudahkan penyimpanan rekam medis pasien. Selama ini, rekam medis pasien disimpan secara terpisah oleh instansi kesehatan. 

Sering kali, perawatan menjadi terhambat karena tidak ada sebuah bank data terpusat yang bisa diakses seluruh layanan kesehatan. Misalnya, Anda pernah melakukan perawatan di rumah sakit swasta X, lalu beberapa tahun kemudian melakukan perawatan di rumah sakit pemerintah Z. Agar perawatan Anda maksimal, seharusnya rekam medis Anda bisa diakses oleh rumah sakit yang selanjutnya merawat Anda.

Namun, pada kenyataannya, banyak lembaga kesehatan yang merahasiakan rekam medis pasien dan tidak mau berbagi informasi. Penggunaan teknologi blockchain akan memungkinkan rekam medis disimpan secara digital dan bisa diakses oleh siapa saja yang membutuhkannya.

2. Mengurangi biaya

Melakukan koordinasi tiap lembaga dan layanan kesehatan secara konvensional bisa memakan begitu banyak biaya. Dengan menggunakan teknologi blockchain, Anda bisa merasakan kemudahan yang nyata. Tak perlu membangun pusat data secara fisik karena semua bisa terekam secara digital.

3. Manfaat blockhain memampukan penghentian peredaran obat palsu

Setiap tahun, ada banyak orang meninggal akibat obat palsu. Dengan menggunakan teknologi blockchain, sistem bisa melacak peredaran dan mengelola inventaris obat-obatan. Sistem juga bisa memantau apakah perusahan farmasi melakukan pekerjaan sesuai dengan pedoman yang ditetapkan pemerintah dalam membuat obat dan mengedarkannya.

4. Keamanan sistem dan pemantauan jarak jauh

Saat ini, tren bekerja jarak jauh sedang meningkat akibat pandemi. Sektor kesehatan juga bisa melakukan pemantauan jarak jauh dengan menggunakan teknologi blockchain. Dengan begitu, perawatan antara dokter dan pasien menjadi lebih proaktif. Masyarakat tak perlu khawatir karena sistem dilindungi dengan keamanan yang tinggi sehingga tak akan ada informasi palsu atau kebocoran data.

Itulah penjelasan menarik tentang kegunaan blockchain yang tak hanya bisa untuk sektor keuangan, tapi juga kesehatan. Dengan menerapkan teknologi ini, dunia medis akan menjadi semakin maju dan dimudahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.