Penerapan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) dapat merevolusi cara membuat keputusan bisnis. Manfaat yang dirasakan antara lain meningkatkan pengembangan produk, menambah dan meningkatkan efisiensi proses, meningkatkan customer experience, hingga menyusun dan menyempurnakan strategi operasi, dan pengurangan biaya.
Baca juga : Cara Meningkatkan Customer Experience di Sektor Keuangan
Singkatnya, AI bermanfaat dalam penyusunan strategi operasi yang efektif bagi kemajuan bisnis.
Penggunaan AI dalam Strategi Operasi?
Dengan menggunakan AI, bisnis dapat memperoleh potensi-potensi baru. Sebab, tujuan dari strategi bisnis untuk menciptakan peluang kompetitif bagi organisasi. Namun, perusahaan tetap harus menyelaraskan strategi operasi dengan strategi bisnis secara keseluruhan, yang mendorong keputusan pengembangan strategi operasi.
Sebagai contoh, jika fokus dari strategi bisnis adalah pertumbuhan, maka strategi operasi berfokus pada cara penggunaan sumber daya organisasi untuk mendukung pertumbuhan tersebut.
Penerapan kecerdasan buatan dalam strategi operasi
Bagaimana dukungan AI dalam meningkatkan strategi operasi? Beberapa contoh penerapan AI yang dapat dilakukan, yaitu:
- Membuat model proses bisnis yang lebih baik dan lebih akurat,
- Membantu perencanaan dan pengambilan keputusan. bisnis
- Mengotomatiskan tugas berulang, merilis sumber daya yang terpakai untuk menginisiasi strategis lainnya.
- Memantau dan mengoptimalkan indikator kinerja utama secara real-time, memungkinkan koreksi arah sesuai kebutuhan.
- Mengidentifikasi pola dan korelasi yang sulit terlihat, yang mengarah ke potensi bisnis yang baru.
Contoh penggunaan AI pada Industri Layanan Cloud
Layanan Cloud adalah contoh bagaimana kecerdasan buatan dapat meningkatkan operasi dan strategi bisnis. Industri telah menggunakan AI untuk mengotomatiskan tugas, meningkatkan customer experience, dan merencanakan inovasi.
Baca juga : Bagaimana Google Cloud Platform Mendukung Sektor Finansial
Firma riset pasar teknologi Tractica memperkirakan bahwa AI akan menyumbang sebanyak 50% dari total pendapatan layanan cloud publik pada tahun 2025. Menurut penelitian, Industri Layanan Cloud akan terus menggunakan AI untuk meningkatkan dan mendukung layanan pelanggannya.
Manfaat menggunakan AI dalam strategi operasi
Setiap bisnis harus mempertimbangkan beberapa hal kerika hendak mengembangkan strategi operasi untuk membawa organisasi mengoptimalkan pengoperasian agar dapat berkompetisi dengan pasar industri.
Berikut manfaat penerapan keerdasan buatan dalam strategi operasi, diantaranya:
Peningkatan pengambilan keputusan
Membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik dengan menganalisis data dan memberikan informasi.
Peningkatan efisiensi
Mengotomatiskan tugas dan proses sehingga pegawai terbebas dari rutinitas dan berfokus pada pekerjaan yang lebih krusial.
Penghematan biaya
Membantu bisnis dalam mengurangi biaya dengan mengoptimalkan proses dan tenaga kerja.
Peningkatan layanan pelanggan
Meningkatkan layanan pelanggan dengan memberikan rekomendasi yang personalisasi dan menawarkan dukungan 24/7.
Peningkatan produktivitas
Memfasilitasi efisiensi operasi, memungkinkan tim berfokus pada tugas bernilai lebih tinggi.
Kesimpulan
Tidak dapat disangkal, AI mampu merevolusi bisnis dan memberikan dampak terhadap strategi operasi.
Pengambilan keputusan oleh AI memungkinkan organisasi menjadi lebih efisien, hemat biaya, dan responsif dalam strategi operasi.
Dengan memanfaatkan teknologi AI seperti machine learning dan natural language processing, perusahaan dapat meningkatkan layanan pelanggan melalui analisis umpan balik yang terotomatisasi, mengurangi biaya operasional dengan pemeliharaan prediktif dan manajemen inventaris.
Pada akhirnya, perusahaan dapat memanfaatkan peluang dari penerapan kecerdasan buatan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif mereka di lingkungan pasar yang selalu berubah.
Oleh: Arki Rifazka (Direktur Eksekutif APJII)