fbpx

Artifical Intelligence, Finansial

Cara AI Meningkatkan Customer Experience di Sektor Keuangan

· 2 min read
AI berguna Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Sektor Keuangan

Photo credit: rawpixel.com (freepik)

Transformasi digital telah membawa banyak perubahan di berbagai sektor. Berkat kecanggihan teknologi saat ini, Anda bisa merasakan berbagai kemudahan. Salah satu  transformasi digital yang bisa dirasakan saat ini adalah pemanfaatan AI (artificial intelligence) di sektor keuangan.

Penggunaan AI di sektor keuangan bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Bagaimana AI bisa meningkatkan pengalaman pelanggan di industri keuangan? Simak penjelasannya berikut ini!

4 Kunci transformasi digital menurut Microsoft

Sebelum kita menilik lebih jauh mengenai pemanfaatan artificial intelligence di sektor keuangan, ada baiknya memahami empat area yang menjadi fokus dari transformasi digital menurut Microsoft. Keempat area tersebut akan merasakan perubahan yang signifikan dengan adanya pengimplementasian kecanggihan teknologi. Empat poin itu adalah:

1. Produk dan layanan

Inovasi produk dan perbaikan pelayanan yang diberikan adalah kunci kesuksesan suatu industri di era modern ini. Dengan menerapkan teknologi yang lebih baik, maka perusahaan atau industri bisa menaikkan posisi mereka di pasaran. Akhirnya, perusahaan bisa meraih lebih banyak keuntungan serta tetap relevan dalam perkembangan zaman.

2. Memberdayakan karyawan

Pemanfaatan AI di sektor keuangan harus didukung dengan sumber daya manusia yang telah melek digital
Photo by Scott Graham on Unsplash

Dalam menyukseskan transformasi digital di sebuah industri, perusahaan harus bisa memberdayakan karyawannya. Transformasi organisasi perlu dilakukan agar seluruh jajaran yang bertanggung jawab atas sebuah perusahaan bisa mengikuti perubahaan yang ada. 

3. Mengoptimalkan operasi

Modernisasi infrastruktur teknologi adalah salah satu cara terbaik agar transformasi digital bisa terimplementasikan dengan efektif. Optimalisasikan operasi perusahaan agar dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi. 

4. Melibatkan pelanggan

Di era transformasi digital ini, melibatkan pelanggan sama pentingnya dengan melibatkan karyawan. Dengan melibatkan pelanggan, bisnis bisa memenuhi harapan dan keinginan pelanggan yang sesungguhnya. Jika perusahaan bisa menjawab mayoritas keinginan pelanggan, maka bisnis akan tetap berkelanjutan dan berkembang.

Bagaimana AI dapat meningkatkan pengalaman pelanggan?

Penerapan AI di sektor keuangan
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Transformasi digital di sektor keuangan telah membantu memperbaiki pelayanan yang diberikan oleh jasa keuangan bagi para pelanggannya. Salah satu poin yang sangat dirasakan adalah pengalaman pelanggan. Meningkatkan pengalaman pelanggan bisa menjadi faktor yang penting untuk mempertahankan mereka agar mau menggunakan jasa keuangan. Bagaimana artificial intelligence meningkatkan pengalaman pelanggan? Simak poin-poin di bawah ini!

Baca Juga: 5 Manfaat AI pada Industri Utilitas Publik

1. Menjawab pertanyaan secara otomatis

Artificial intelligence menjadi hal terbaik saat mengimplementasikan kecanggihan teknologi di sektor keuangan. Pasalnya, mesin komputer yang sistemnya sudah diatur sedemikian rupa dapat menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis. Pihak jasa keuangan akan memasukkan data pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh pelanggan dan menyediakan jawaban yang tepat. 

Bila pelanggan menanyakan pertanyaan yang sudah diprogram dalam sistem, maka mesin akan langsung menjawab pertanyaan tanpa harus menunggu karyawan yang menjawabnya. Contoh nyata dari penggunaan artificial intelligence satu ini adalah chatbot.  

2. Memberi rekomendasi berkaitan finansial

Photo by Vlada Karpovich (Pexels)

Saat ini, banyak jasa keuangan yang menawarkan manajemen keuangan pribadi. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan keuangan Anda dan nanti mesin akan merekomendasikan langkah finansial yang perlu Anda ambil. Mesin akan membaca perencanaan keuangan Anda dan memprediksi kemungkinan yang terjadi bila Anda tidak mengubah kebiasaan tersebut. Dengan begitu, pengalaman pelanggan menjadi lebih personal.

3. Meningkatkan transparansi

Berkat implementasi artificial intelligence di sektor keuangan dengan bentuk robot penasihat keuangan, prediksi pasar, penilaian risiko, dan lainnya, maka transaksi keuangan menjadi lebih transparan. Sistem komputer akan bisa menjelajahi lebih banyak data daripada manusia pada umumnya. Dengan begitu, penyaringan dokumen yang berkaitan dengan masalah keuangan akan lebih cepat dilakukan. Akhirnya, mesin bisa memberi gambaran secara detail dan transparan.

Pemanfaatan artificial intelligence di sektor keuangan sudah sangat dirasakan oleh banyak orang. Dengan mengimplementasikan kecanggihan teknologi, penyedia jasa akan lebih dimudahkan untuk melacak dan memprediksi apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan. Tentunya hal ini akan terjadi bila perusahaan bisa menciptakan sistem yang baik dan juga kemampuan melibatkan pelanggan.

Baca Juga: 6 Kegunaan Artificial Intelligence di Industri Kesehatan

Untuk mempelajari lebih banyak tentang transformasi digital, datanglah ke acara Digital Transformation Indonesia Conference & Expo. Anda akan mendapat banyak ilmu mengenai kecanggihan teknologi di berbagai industri, bukan hanya di sektor keuangan. Acara ini akan diadakan pada 3-4 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan. Kunjungi website Digital Transformation Indonesia Conference & Expo untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *