training karyawan untuk meningkatkan SDM di industri finansial

Training Karyawan mengenai Digital Marketing di Sektor Finansial

Photo by Merakist on Unsplash

Bicara tentang industri finansial, sudah tidak asing lagi dengan yang namanya financial training program. Ini adalah program training karyawan di bidang keuangan yang biasanya diberikan pada karyawan baru agar mengenal seluk-beluk sektor keuangan yang dimasuki. Akan tetapi, pelatihan terkait keuangan juga bisa diberikan pada karyawan lama. Bedanya, kompetensinya adalah untuk meningkatkan kemampuan karyawan saat mengatasi permasalahan baru.

Ternyata, bukan hanya program pelatihan keuangan yang saat ini banyak diberikan. Ada juga yang disebut dengan digital marketing training, program pelatihan yang banyak dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Program pelatihan ini penting diadakan oleh berbagai industri agar dapat menyusul ketertinggalan atas kemajuan teknologi yang semakin pesat. Pasalnya, semua bisnis kini sudah mulai merambah ke dunia digital. Penasaran seperti apa digital marketing training yang dikatakan sebagai solusi terbaik ini?

Pentingnya Digital Marketing

Di era digital seperti sekarang ini, seluruh industri membutuhkan digital marketing sebagai salah satu strategi pemasaran, termasuk sektor keuangan. Mengapa? Mengutip Forbes, 90 persen masyarakat Amerika Utara menggunakan internet dan berpotensi mengalami kenaikan menjadi 92 persen pada 2023 mendatang. Di Indonesia sendiri, pengguna internet pada 2022 telah mencapai 73,7 persen atau setara dengan 204,7 juta pengguna dari keseluruhan penduduk.

Tingginya pengguna internet, baik di Indonesia maupun Amerika Utara, menunjukkan masifnya perkembangan teknologi dan internet di dunia. Menanggapi fenomena ini, berbagai sektor tentu harus mengerahkan strategi terbaru yang mutakhir untuk mempromosikan produk-produk maupun layanannya. Alasan utamanya adalah agar berbagai bisnis di sektor keuangan dapat menjangkau lebih banyak target market. Di samping itu, penggunaan internet dan teknologi sebagai sarana digital marketing juga akan membuat pengeluaran perusahaan menjadi efektif.

Apabila perusahaan-perusahaan yang bergelut di bidang keuangan tidak mengambil momentum dan memulainya dari sekarang, ini akan memicu merosotnya pemasukan bisnis. Pasalnya, kini orang lebih memilih untuk meraih perusahaan yang memberikan pelayanan dan akses termudah. Jika perusahaan Anda tidak melakukannya, niscaya ada perusahaan lain yang siap “melahap” pelanggan tetap Anda untuk jadi pelanggan baru mereka. Hal ini tentu harus dihindari agar bisnis bisa terus bertahan.

Digital Marketing Channels

Setelah mengetahui pentingnya digital marketing dalam sektor keuangan, kini saatnya Anda mengetahui tiga saluran pemasaran digital yang bisa ditempuh. Berikut penjelasannya.

1. SEO

Saluran pemasaran digital yang pertama adalah SEO (Search Engine Optimization). Ini adalah digital marketing channel yang memberikan ranking atas hasil pencarian teratas di mesin pencarian Google, Bing, Internet Explorer, dan sebagainya. Semakin tinggi ranking yang Anda peroleh, semakin tinggi kesempatan situs web Anda untuk berada di bagian teratas hasil pencarian. Memberikan training karyawan di bidang SEO dapat membuat perusahaan Anda lebih dikenal khalayak ramai karena dapat tampil menjadi merek teratas dan terlaris.

2. Social media marketing

Bukan hanya SEO (Search Engine Optimization), training karyawan tentang social media marketing juga menjadi hal penting yang patut Anda pertimbangkan. Program pelatihan ini akan memberikan pemahaman seputar pentingnya membuat hingga mengunggah konten-konten tersebut di media sosial, baik itu Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, Twitter, dan lainnya. Saat ini, hampir semua jenis bisnis telah menggunakan saluran pemasaran digital ini guna memiliki target pasar yang semakin luas.

3. PPC

Terakhir, ada PPC (Pay Per Click), metode iklan yang mengharuskan Anda membayar hanya ketika seseorang menekan tombol iklan yang Anda pasang. Jenis iklan yang paling populer adalah Google Ads yang dapat menampilkan website Anda sebagai hasil pencarian teratas saat seseorang mengetikkan keyword tertentu. Di sisi lain, ada pula iklan PPC yang dipasang di berbagai media sosial, misalnya Twitter, Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

Digital Marketing Training as Best Solution

Selain alasan adaptasi pada dunia yang semakin berkembang, training karyawan di bidang digital marketing juga dapat membantu perusahaan untuk dapat menjangkau pasar secara lebih efisien. Dengan pelatihan ini, karyawan jadi bisa memanfaatkan berbagai perangkat digital yang disertai fitur-fitur unik untuk berinteraksi dengan pelanggan sesuai demografinya.

Baca juga: Mengapa Pengembangan SDM di Sektor Energi Begitu Penting?

Di samping itu, karyawan perusahaan juga bisa melihat efektivitas pemasaran lewat media online saja. Pasalnya, media sosial kini telah dilengkapi dengan metrik yang menampilkan performa identitas digital bisnis Anda selama beberapa waktu terakhir. Ini juga bisa dijadikan sebagai sumber data untuk bahan analisis sebelum mengambil keputusan penting.

Training karyawan di bidang ini juga akan membantu perusahaan untuk menghemat pengeluaran karena tidak perlu mencetak iklan di billboard-billboard besar, radio, maupun iklan televisi. Memasang iklan di tiga media tersebut tentu memakan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan memulainya di media digital.

Training karyawan di bidang digital marketing telah menjadi hal penting di era sekarang ini. Tak hanya menguntungkan karyawan perusahaan yang bisa upgrade skill melalui program pelatihan, digital marketing training bahkan bisa menghemat pengeluaran perusahaan karena biaya pengiklanan menjadi lebih murah dan efisien.

Jika Anda membutuhkan lebih banyak informasi mengenai bagaimana sebaiknya sebuah perusahaan bertransformasi digital, mari hadiri Digital Transformation Indonesia Conference & Expo yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada 3-4 Agustus 2022.

2

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *