Cloud & Data Management, Pemerintahan

5 Alasan Cloud Computing Harus Diterapkan di Instansi Pemerintah

· 2 min read

Photo Credit: Mikhail Nilov (Pexels)

Sejak pandemi Covid-19, kita terpaksa meninggalkan kantor dan bekerja dari rumah, termasuk para pekerja di instansi pemerintah. Berdasarkan survei data yang dilakukan oleh Alibaba Cloud, sebanyak 77 persen bisnis di Indonesia sudah menggunakan teknologi berbasis cloud computing atau komputasi awan.

Namun, Kementerian Komunikasi dan Informasi mengatakan, dari 2.700 server data pemerintah, baru sekitar 3 persen yang menggunakan sistem cloud. Artinya, instansi pemerintahan Indonesia masih tertinggal dalam penggunaan teknologi cloud yang akan sangat memudahkan pekerja.

Cloud sendiri merupakan sistem penyimpanan dan pengolahan data secara online. Jadi, Anda dapat mengakses data kapan pun dan di mana pun selama terkoneksi dengan internet. Penggunaan teknologi ini tentu akan sangat bermanfaat bagi sistem pemerintahan. Berikut adalah lima alasan mengapa instansi pemerintah harus beralih ke cloud computing.

1. Meningkatkan Ketahanan dan Pemulihan Sektor Publik

Lembaga pemerintah adalah salah satu sektor yang melayani publik atau masyarakat selama 24/7. Bisakah Anda bayangkan bila terjadi bencana dan kantor-kantor pemerintahan hancur, sehingga data yang dimiliki tak bisa diakses? Atau bila terjadi perang dan lembaga pemerintah diserang, padahal banyak data penting untuk menjalankan negara?

Dengan memanfaatkan penyimpanan data berbasis cloud, pemerintah dapat meningkatkan ketahanan terhadap krisis atau bencana. Data-data publik yang penting dapat disimpan dalam cloud, sehingga bisa mengurangi risiko terkonsentrasinya data di satu tempat saja. 

Sebagai contoh, Bandara Internasional Heydar Aliyev di Azerbaijan telah beralih menggunakan teknologi cloud. Sebagai bagian dari peningkatan basis data dan sistem manajemen sumber dayanya, mereka juga menerapkan sistem layanan penumpang yang disebut Amadeus Altéa. Sistem tersebut memberikan manfaat seperti kemampuan reservasi, inventaris, dan kontrol keberangkatan.

Baca Juga: Pentingnya Data Sharing bagi Pemerintah dan Bisnis

2. Meningkatkan Ketangkasan dalam Melayani Masyarakat

cloud computing membuat layanan pemerintah menjadi lebih tangkas
Photo by Niek Verlaan dari Pixabay

Pernahkan Anda menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk mengurus sesuatu di kantor pemerintahan, misalnya pindah alamat, membuat kartu keluarga baru, atau pindah nama STNK kendaraan pribadi Anda? Semua itu tak akan terjadi bila data pemerintahan sudah terintegrasi dan disimpan melalui teknologi cloud. Anda tak perlu bolak-balik memperbanyak kartu identitas atau KTP Anda karena data sudah bisa diakses melalui komputer mana pun yang terkoneksi internet.

Proses pelayanan yang diberikan oleh kantor pemerintahan menjadi lebih efisien karena segalanya sudah terkoneksi secara digital. Bahkan, bila perlu masyarakat tak perlu lagi mendatangi kantor pemerintahan karena semuanya bisa dilakukan secara online, misalnya melakukan pembayaran pajak dan pelaporan pajak tahunan.

3. Ramah Lingkungan

Cloud computing dapat memberikan opsi berkelanjutan dan ramah lingkungan karena konsumsi daya efisien dan penggunaan tenaga yang lebih sedikit. Dengan melakukan penyimpanan secara digital, pemerintah tak perlu lagi menghabiskan berlembar-lembar kertas. Contohnya, di saat Anda harus menggandakan KTP untuk mengurus keperluan administrasi.

Penggunaan cloud akan meniadakan penggandaan KTP yang sangat tidak ramah lingkungan karena menggunakan kertas dan tinta yang buruk bagi lingkungan. Meski demikian, pemerintah tetap harus mengubah dan mengganti infrastruktur teknologi agar tidak menghasilkan limbah digital yang lebih berbahaya bagi lingkungan. 

Baca Juga: Memanfaatkan Teknologi untuk Wujudkan Industri Utilitas Berkelanjutan

4. Keamanan yang Kuat

cloud computing memberikan keamanan yang maksimal dalam sistem pemerintahan
Photo by Pete Linforth (Pixabay)

Poin penting dalam melakukan penyimpanan data publik secara digital adalah memastikan keamanannya. Di zaman yang semakin canggih ini serangan siber juga semakin marak. Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan serangkaian kebijakan yang ditetapkan untuk melindungi privasi dan keamanan data dalam cloud. Sekelas instansi pemerintah pasti bisa memperkerjakan tim IT yang handal untuk mencegah terjadinya kejahatan siber yang berpotensi buruk bagi data penduduk.

5. Meminimalkan Pengeluaran

Dengan menggunakan cloud computing, lembaga pemerintah bisa saja meniadakan kantor pusat data, biaya pemeliharaan gedung, serta pegawai yang tak diperlukan lagi. Hal ini akan mendorong penghematan dalam jumlah yang besar dan biaya tersebut bisa dialihkan untuk memperkuat keamanan sistem penyimpanan digital ini. 

Itulah lima alasan mengapa instansi pemerintah harus segera beralih ke teknologi penyimpanan digital atau cloud computing agar pelayanan publik menjadi lebih cepat dan efisien serta mengeluarkan biaya yang lebih sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.