Cloud computing merupakan metode penyampaian melalui layanan internet. Penggunaannya digunakan pada layanan komunikasi, server, perangkat lunak, penyimpanan data, serta data analitik.
Penggunaan cloud computing merupakan salah satu bentuk dari transformasi digital. Hampir semua industri menggunakan untuk mempermudah komunikasi. Salah satunya adalah industri kesehatan.
Industri kesehatan adalah menjadi hal vital perihal penggunaan data. Proses mitigasi dan perawatan pengobatan semakin mudah.
Bagaimana cara menerapkan cloud computing pada industri Kesehatan. Pembahasan ini akan dijabarkan oleh Peiru Teo selaku Chief Executive Officer KeyReply, perusahaan penyedia jasa AI di bidang Kesehatan.
Pengembangan penggunaan cloud computing di Kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia
Penggunaan cloud computing di Indonesia sangat menarik. CEO KeyReply mengatakan bahwa belum pernah melihat negara Asia Tenggara yang ngotot bergerak menuju transformasi digital.
Negara besar seperti Indonesia memiliki banyak masalah yang harus diatasi. Beberapa orang bergerak lebih cepat daripada yang lain, namun pada akhirnya akan mencapai tujuan tertentu.
“Itu sangat mengasyikkan, saya pikir digital bukan konsep yang baru, dalam pengertian apa yang terjadi di lapangan, seperti apa sudut pandang tentang digital. Saya pikir ini menguntungkan bagi semua orang.”
“Menurutnya, Indonesia sangat unik dibandingkan negara di asia tenggara lainnya. Negara ini sangat besar, tersebar, dan aksesibilitas ke hak perawatan dan interoperabilitas data tepat pada manajemen kesehatan populasi.”
Saya pikir ini jadi pembahasan yang penting untuk ditangani dalam keterlibatan orang-orang, populasi, jenis data yang terkumpul, jenis sumber daya dan analisis yang dipakai untuk memahami demografi, dan pola perilaku.
Ini membantu membangun profil kesehatan Indonesia untuk jangka panjang.
Keyreply memakai WhatsAPP solution untuk provider AI
Perusahaan KeyReply tidak membuat aplikasi sendiri. Faktanya, kami memakai aplikasi satuan omni. Bayangkan dalam kehidupan saja, manusia sudah dihadapkan dengan beragam aplikasi. Ini bukan masalah yang perlu diatasi.
“Faktanya, kami percaya dimana populasi sudah berada. Apabila memakai WhatsApp, kami ingin berada di sana. Bahkan aplikasi lain seperti Facebook Messenger pun, kami dapat hadir di sana.” Ujarnya
KeyReply memanfaatkan semua saluran yang ada untuk menjangkau seluruh populasi, karena populasi adalah kumpulan referensi yang sangat besar. Dan inilah mengapa WhatsApp adalah platform yang bagus untuk Indonesia.
Satu hal yang penting adalah Anda tahu cara menggunakannya, penetrasinya sangat tinggi, dan tidak perlu mengajarkan cara pemakaian WhatsApp.
Semua orang bisa memakainya. Dari sini, kami dapat fokus pada kesehatan daripada mengajarkan cara menggunakan aplikasi. Kami memangkas hal itu dan langsung menuju masalah perawatan pengiriman. Memastikan kurva pembelajaran nol.
“Saya pikir ini penting karena terlalu banyak yang harus dilakukan dan kami tidak ingin membuang energi berlebih. Langsung fokus ke penyelesaian masalah.” Ujarnya
Whatsapp merupakan aplikasi yang mudah digunakan
Meskipun Anda memakai Whatsapp, bukan berarti langsung berhasil sejak hari pertama. Diperlukan penyesuaian dengan platform untuk dilakukan oleh penyedia. Dengan memasukan pemantauai sains, elemen ilmu perilaku, hingga mengingatkan wanita di atas 60 tahun untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.
Pengelompokan ini dapat dimasukan ke dalam demografi atau preferensi perilaku sehingga dapat mencapai keefektifan tinggi para penggunaannya.
Sudah memulai perjalanan transformasi digital sebelum pandemi covid 19
Perusahaan ini sudah memulai perjalanan ini kira-kira tiga atau empat tahun sebelum pandemi covid 19. Hal ini tidak bisa diramalkan, maka kami melakukan persiapan.
Melihat Indonesia sebagai negara yang unik, Indonesia perlu mendefinisikan “telemedicine” dengan caranya sendiri.
Menurut saya, telemedicine tidak hanya sebatas panggilan zoom semata. Itu hanya konsultasi jarak jauh, bukan masuk dalam konsep telemedicine secara keseluruhan.
Jika bicara soal pengobatan jarak jauh yang sebenarnya, akan banyak aspeknya.
Teleconsultant adalah salah satu dari empat aspek telemedicine. Anda juga berbicara tentang telecollaboration dengan penyedia layanan kesehatan yang berbeda dan keterlibatan dimana mulai diperbaharui dengan data statistik berkelanjutan.
Dimana memperoleh dan mendapatkan umpan balik yang konstan dari penyedia layanan kesehatan logistik langsung memproses online ke offline, obat tidak bisa langsung diminum.
Itulah mengapa satu-satunya hal yang tidak bisa kita lakukan, Jadi, ada beberapa hal yang harus disamakan. Menurut saya dengan cara mengatasi dan menggabungkan semua logistik atau kolaborasi antara perawatan tingkat atas, tingkat bawah, perawatan primer, akut, hingga tersier.
Koordinasi panggilan dari semua ini penting untuk menentukan masa depan telemedicine.
Indonesia merupakan negara unik. Jadi benar-benar perlu memperluas batas-batas yang mereka miliki terkait telemedicine.
“Maka dari itu, Indonesia harus memiliki definisi sendiri tentang telemedicine. Letak geografis yang sulit dijangkau memaksa seperti apa metode telemedicine yang cocok untuk negara ini.“
Lapisan program telemedicine yang hilang
Cobalah kembali ke dasar, dimana telemedicine hanya mengirimkan tautan link online meeting, berbicara dan selesai.
Dengan memikirkan seluruh perjalanan pasien dari awal hingga akhir, lebih baik lagi masuk tahap perventif. Kami ingin menjangkau dan melibatkan mereka dan memastikan ikut dalam pencegahan aktif.
Tindakan seperti ini melakukan pemeriksaan tahunan, tentu saja mengadopsi gaya hidup sehat adalah bagian dari pencegahan.
Keterlibatan masyarakat yang ideal perlu dilakukan, dan tidak mudah.
Idealnya mulai dari bagaimana cara pasien mencari dan mendapatkan bantuan, bagaimana mereka mengkonsumsi informasi kesehatan.
Semua rekomendasi, interaksi, informasi ini penting untuk menemukan penyedia yang baik.
Keberhasilan ini didukung dengan sangat baik oleh telemedicine.
Menurut saya disinilah dibutuhkan ketrampilan digital terjadi karena tidak pernah ada cukup tenaga professional perawatan kesehatan, dokter, maka penting untuk meningkatkan keterampilan dengan AI dan platform yang mendukung, setidaknya untuk permulaan agar dapat memulai meningkatkan kepedulian skala besar.
Selama pasien dapat terhubung secara digital, kami dapat memulai mengelompokkan mereka dan melakukannya secara presisi.
Sementara ini, setidaknya dapat mengelompokan menjadi demografi yang jelas dari ujung ke ujung.
Bukan hanya mengubah, memindahkan platform melainkan perlu membangun tindakan pasien setelah mendapatkan perawatan
Untuk online, dapat dilakukan dengan menyatukan dengan pemangku kebijakan. Semuanya perlu diatur dan melibatkan banyak pihak untuk berkoordinasi. Tentunya hanya berfokus pada poin-poin penting saja.
Membuka banyak peluang dari sisi obat maupun sisi diagnosis. Menurut saya, ada beberapa hal yang perlu difokuskan.
Mengetahui bahwa strategi data dalam jangka panjang harus dikumpulkan secara sadar. Data longitudinal akan memberi pemahaman terbaik seperti apa populasi kita.
Saya pikir ini adalah dasar yang penting untuk memikirkan pengembangan pelayanan kesehatan.
Tidak harus sempurna, apabila hari pertama tidak sesuai dengan seharusnya, kita sedang membicarakan data besar, ini tentang mengetahui dimana adalah melihat dorongan besar yang akan terjadi.
Perangkat untuk semua yang terlibat dalam industri perawatan kesehatan
Layanan kesehatan tidak hanya tentang healthcare, penyedia layanan kesehatan, rumah sakit, maupun dokter. Bukankah perawatan kesehatan adalah kombinasi dari asuransi yang membayar premi?
Perusahaan asuransi, penyedia layanan kesehatan, pasien dan beberapa mungkin mengatakan sebagai bagian dari keseluruhan ekosistem.
“Meneruskan informasi yang benar dan tepat dapat menjalin hubungan dokter dengan pasien. Pasien ke administrator maupun hubungan kantor keuangan bisnis. Itulah nilai yang bisa Anda berikan, bukan? Sehingga bisa menjalin hubungan dokter dengan pasien. Itu bisa saja.”
Pasien ke administrator atau hubungan kantor keuangan bisnis, jadi menyampaikan informasi kepada orang yang tepat tentu saja ditambah dengan AI. Anda tahu sekarang kami juga memiliki AI generatif.
Saya pikir ini adalah alat yang dapat meningkatkan daya ungkit dan efektivitas secara besar-besaran tepat di luar lapisan komunikasi dasar inti. Dengan menambahkan lebih banyak aplikasi strategis AI.
Di mana Anda benar-benar mendapatkan lompatan yang sangat besar dalam produktivitas, itu adalah permainan ekosistem pada akhirnya.
Satu-satunya perbedaan adalah di mana kita mulai. Beberapa rumah sakit kurang siap dan kita harus bekerja di sekitar hubungan penyedia dan pasien.
Jika mereka lebih siap, lebih terhubung maka kami juga siap untuk menghubungkan mereka dengan pemangku kepentingan mereka.
KeyReply membangun ekosistem untuk semua orang di kawasan industri kesehatan
Ya, kami fokus pada sektor kesehatan. Saya pikir ini membantu kami membangun basis pengetahuan dan keahlian di bidang ini karena kami tahu semua orang sibuk. Semua orang memiliki banyak tantangan sehari-hari untuk dilalui.
Jadi, kami melakukannya sendiri untuk memahami apa yang dibutuhkan pasar dan mencoba mengemasnya langsung ke dalam modul. Kemudian menerapkannya dengan sangat cepat.
Kami ingin mendorong untuk melihat hasil dengan cepat dimana mereka mendapatkan keyakinan bahwa untuk melakukan transformasi digital yang lebih baik.
Ketika ini benar-benar dimanfaatkan, disitulah rasa kepercayaan diri tumbuh. Itu sangat penting. Penggunaan AI yang didukung model bahasa besar GPT membantu Anda membuat janji, mengelola janji, dan menjawab beberapa pertanyaan, dan tahapan triase.
Ini merupakan kemampuan yang kami miliki dan dapat kami tawarkan kepada klien kami.
Menurut saya, yang menarik dari pemakaian aset digital adalah kebanyakan organisasi memiliki banyak sekali akun resmi media sosial. Mereka memiliki halaman Facebook, situs website, jumlah pasien, aplikasi seperti WhatsApp.
Jadi, yang kami lakukan adalah membangun sejumlah fitur ini langsung di WhatsApp, kami dapat menambahkan fitur yang sama ke situs web, dengan memakai widget dan saluran lain.
Masalah umum tentang industri perawatan kesehatan
Pertama, adalah banyak sistem terpisah dan tidak berkomunikasi satu sama lain. Saya pikir itu adalah tempat yang umum untuk memulainya. Kami fokus pada interoperabilitas.
Kami mencoba untuk berintegrasi dengan banyaknya sistem yang ada dan pastikan cara kami disukai atau semua protokol ini berdasarkan apa yang paling dapat dikembangkan. Ini adalah sesuatu yang baru. Interoperabilitas harus jadi kriteria yang penting.
Kedua, digitalisasi dan digitasi adalah dua hal yang berbeda. Membuat formulir kertas menjadi PDF bukanlah digitalisasi.
“Menurut saya, memiliki design thinking yang tepat adalah sesuatu yang dapat distandarisasi di banyak industri. Ini sangat penting untuk memiliki proses yang tepat untuk mendukung gerakan ini, jika tidak, akan ada kesulitan.”
Data, keamanan data, pengetahuan AI, dan tata kelola penting untuk mendorong batasan dalam diri.
Mendobrak batasan membuat para tenaga kesehatan makin memahami apa yang dibutuhkan oleh pasien dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.
“Pada akhirnya, negara berpenduduk besar seperti Indonesia harus melihat tujuan akhir. Ini adalah tentang kemampuan untuk melakukan personalisasi yang digerakan oleh AI. Artinya adalah mungkin memiliki ratusan juta orang tetapi pada saat yang sama.”
Ketika bertemu satu orang, saya tahu apa yang terbaik untuk Anda. Saya tahu bagaimana cara terbaik memberikan perawatan dengan cara yang dapat diterima pasien. Hal ini meliputi penggunaan analisis data.
Penyesuaian rencana perawatan yang direkomendasikan dan dipersonalisasi dengan benar. Seperti, penggunaan AI untuk memantau gejala pasien.
Hal ini dapat terlaksana apabila memiliki tujuan akhir. Mengumpulkan data pasien tanpa tahu mau digunakan untuk apa hanya akan berada di situ-situ saja.
Pengetahuan dan pemahaman memiliki kerangka kerja untuk pengumpulan. Saya pikir itu sangat kritis.
Jadi semuanya kembali ke memiliki desain sentrik yang benar dalam hal infrastruktur dan teknologi yang digunakan.
Idenya bukan alatnya, melainkan cara kerjanya
KeyReply tidak mulai dengan alat. Kami mulai dari tujuan yang ingin dicapai. Anda melihat dan melakukan pemetaan seperti apa alat itu saat ini.
Kami melihat celah permasalahan dan melahirkan solusi seperti KeyReply. Kami bukan hanya platform komunikasi, melainkan komposer dimanapun kami berada.
Seperti kami membuat gel dan merekatkannya celah. Jadi, dari sudut pandang pasien, mereka tidak melihat celah apapun hari ini.
Mereka berkata sudah mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tapi, sebenarnya di penghujung hari di balik layar kami berintegrasi dan merapatkan celah. Jadi tidak mungkin dapat menyelesaikan semua masalah langsung sejak hari pertama.
Pembahasan terkait cloud computing di ranah kesehatan selengkapnya dapat Anda temukan dalam DTI-CX 2023 untuk mendapatkan informasi terkini terkait penerapan industri kesehatan.